CARA PASANG VINYL LANTAI

Cara pasang vinyl lantai, Setelah mengenal jenis – jenis vinyl lantai serta peruntukkannya, maka tidak salah juga untuk mencoba memahami sedikit tentang cara memasang vinyl ini di atas lantai.

Selain bisa untuk menghemat budget, mengetahui cara memasang jenis lantai ini berguna untuk menambah wawasan. Jadi untuk lebih mengetahuinya kali ini kami akan mencoba menguraikannya secara ringkas dan berharap ada manfaatnya.

Jenis lantai dari bahan vinyl memang sangat sesuai diaplikasikan sebagai salah satu interior rumah untuk kebutuhan lantai seperti lantai rumah, kantor, instansi pemerintahan, hotel atau rumah sakit.

Diantaranya ada jenis vinyl dengan spesifikasi tertentu yang sering digunakan di lantai rumah sakit atau laboratorium yang membutuhkan tingkat sterilisasi yang tinggi.

Cara pasang vinyl lantai pun akan memberikan hasil yang maksimal bila dilakukan dengan benar, untuk itu perlu di perhatikan proses pemasangan atau tahapan tahapannya.

Seperti telah kami singgung pada halaman kami yang lain sebelumnya bahwa umumnya cara memasang lantai vinyl adalah dengan menggunakan lem,

Namun tentu saja untuk mendapatkan hasil akhir yang baik dalam pelaksanaannya membutuhkan proses pemasangan dan berbagai persiapan penunjang.  Untuk memastikan hasil pemasangan Vinyl di atas lantai secara maksimal. PANDUAN CARA PEMASANGAN VINYL LANTAI

Lantai vinyl adalah material pelapis lantai yang bisa di aplikasikan di atas permukaan lantai seperti, lantai acian, lantai marmer, lantai keramik dan juga bisa di atas lantai kayu. Peralatan yang dibutuhkan juga hampir sama sengan cara pasang vinyl dinding.

Untuk melakukan pemasangannya di butuhkan tahapan atau langkah – langkah seperti berikut :

  • Sebelum melakukan pemasangan vinyl ke atas lantai sebaik nya pastikan dulu telah melakukan pemesanan vinyl dari toko atau distributor vinyl ruang operasi yang anda percayai.
  • SiapakanPeralatan dan aksesoris vinyl yang di butuhkan.
  • Ukur terlebih dahulu luas area lantai yang akan di aplikasikan vinyl, dan pastikan volume vinyl yang telah di pesan sesuai atau cukup untuk menutupi luas area lantai
  • Keadaan lantai sangat menentukan hasil akhir yang akan di dapatkan. Jadi pastikan juga lantai tidak bergelombang, lantai tidak berlobang dan dalam keadaan kering (tidak basah atau lembab) serta tidak terdapat keretakan di atas permukaan lantai.
  • Kosongkan seluruh ruangan yang akan di pasang vinyl.
  • Bersihkan seluruh permukaan lantai dari debu dan kotoran.
  • Tentukan titik tengah dari ke empat sisi dinding, lalu tarik dari titik tengah dinding yang satu ke titik tengah dinding yang di seberangnya. Lakukan hal yang sama  di antara dua sisi dinding lain nya. Anda akan mendapat kan dua garis yang menyilang yang akan di gunakan sebagai pedoman pemasangan Vinyl Lantai.
  • Ambil lem yang sudah di siapkan yaitu lem kuning (solvent base adhesive) sebagai bahan perekat. Oleskan lem secukup nya di permuakaan lantai dan dasar vinyl lantai. Tempel kan vinyl ke atas lantai segera setelah lem cukup kering dengan mengikuti garis pedoman yang telah dibuat sebelum nya.
  • Untuk hasil pemasangan yang maksimal, mungkin di perlukan pemotongan vinyl lantai, terutama untuk pemasangan pada bagian lantai dekat dinding. Cara nya cukup meletakkan lembar vinyl yang belum terpasang diatas lembar vinyl yang sudah terpasang (overlap). Rapat kan ke dinding dan tandai bagian yang overlap.Potong lah sepanjang garis overlap dengan pisau cutter dan penggaris dari logam.
  • Pastikan bahwa vinyl merekat dengan baik di atas lantai.

Cara pemasangan vinyl lantai di atas bisa anda coba sendiri, Namun bila anda tidak ingin repot dan menginginkan pemasangan lantai vinyl dengan hasil yang lebih baik maka hubungi penyedia jasa pemasangan lantai vinyl yang telah berpengalaman.